

UMKM merupakan pilar penting dalam peningkatan perekonomian, karena UMKM memiliki potensi besar sebagai salah satu penggerak utama dalam pertumbuhan ekonomi negara.
Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) menunjukkan dari 64,3 juta pelaku UMKM saat ini yang telah berhasil menembus pasar ekspor sebanyak 14,5 persen atau hanya sekitar 9,3 juta pelaku UMKM.
Presentase ini masih sangat kecil dari total pelaku UMKM yang ada, karena masih banyak sekali para pelaku UMKM belum mendapatkan pendampingan tentang cara ekspor produk yang dihasilkan, permodalan, informasi dan daya saing pasar.
Peliknya tantangan ekspor tidak bisa berakhir secara diam-diam. Perlu kolaborasi antar pelaku usaha untuk saling mendorong para pelaku UMKM ini berani terjun serta ke pasar ekspor.
Melalui program Support UMKM ini, Dataweb Indonesia mendukung para UMKM mendapatkan layanan digital marketing untuk memasarkan produk pelaku UMKM di pasar nasional hingga tembus pasar dunia.